Selasa, 16 September 2008

Kotaku… Dunia Kecilku dan sejuta rasaku …!

Nie KOtaKu Rek !!!

Mamuju nie nama kota kelahiranku … kota kecil … di pinggiran perairan sulawesi !!! pernahkah Anda mendengar ??? tenang ada di peta kok !!! dulu sie mungkin g terlalu mudah ditemuin … tapi sejak berdikari jadi provinsi baru … dipeta NKRI kayaknya udah masuk dalam barisan kota-kota penting euy … !!! Nie tempat punya banyak kenangan …!!! Kenangan masa kecil yang nggak akan mungkin kelupa … pantainya tempat aku nangkring tiap kali mumet … ato pas lagi kabur dari rumah (tapi … itu dulu zaman-zaman masih nakal) … pemandangannya lumayan … indah … alamiah … airnya masih biru … bau ombaknya masih terasa … hembusan anginnya nyaman … !!! banyak kepiting kecil yang suka berkejaran dipasir putihnya !!! apalagi kura-kura masih sering tebar pesona riwa-riwi g jelas dipesisir pantainya !!! Kota kecilku … dengan kesederhanaan penduduknya tapi tetap aja menyajikan keramahan khas “to balanipa” … (salah satu suku yang dominan berdomisili di kota Mamuju … ) kadang terlihat begitu kasar, ciri khas masyarakat pantai yang doyan bersuara keras sambil teriak-teriak tapi … punya segudang cinta dan kasih yang tak terbendung !!! aku ingat salah satu semboyan yang diajarin sepuh didaerahku … semboyan yang harus dipegang dan dibawa mati oleh putra-putri Mamuju … !!! “ Punna pissang nabali macoako itte todapa … bali macoai sappulo pissang kasi’na tapi ampunna nasissaiko sampissang itte todapa … bali kadakei sappulo pissang toiyya !!! “ (Kalau ada orang yang berbuat baik sekali aja kebaikan ama kamu … balas dia dengan sepuluh kebaikan juga tapi jika seandainya ada orang yang menyakitimu sekali … balas orang itu sepuluh kali lebih kejam !!!) Semboyan itu sepintas kedengaran nyeremin sie … cuman yang aku tahu orang-orang dikampungku g terlalu gemar nyari masalah … jadi sebenarnya semboyan tuch lebih kepada apa yang dilakuin orang ama penduduk sana … begitu kira-kira !!!

(Pantai Manakarra) … ombaknya masih putih … lautnya masih biru …. !!!

Nie ngambil view pantainya di atas gunung “Anjoro Pitu” … !!! salah satu gunung yang sering kudatangin juga kalau lagi BT … !!! ada tempat nangkring keren sie disana … ada pelataran … bentuknya kayak gazebo … tapi lumayan gede !!! disana anginnya kencang banget … tapi dari atas gunung itu bias ngeliat seluruh kota Mamuju … lebih-lebih kalau malam hari … KEREN !!! nie tempat juga sering dipakai kemah ama anak-anak pramuka loh !!!

(Liat pulau kecil didepan pantai mamuju ??? … yang letaknya ditengah laut … namanya pulau Karampuang … bentuknya seperti bentuk buaya loh … pulau Karampuang tuch salah satu objek wisata terkenal di Mamuju … disana ada sumur tiga rasa … jadi airnya dalam satu sumur ada yang kerasa asin,tawar ama payau … ada lagi sumur jodoh … nie legendanya paling gila … banyak yang kesana mandi supaya dimudahkan nemuin jodohnya … tapi terlepas dari segala mitos yang ada ditempat itu … ada kisah nyata tapi diluar nalar manusia … jadi tuch sumur jodoh … airnya bakal surut seketika kalau yang mandi cewek yang lagi datang bulan ato ibu-ibu yang lagi hamil … nie kejadian nyata nie … udah sering terjadi pula … anehkan ???)

Tidak ada komentar: