Jumat, 12 September 2008

Selamatkan Terumbu Karang !!!



Dari segi manapun diperhatikan tetap aja tampilannya menggoda mata untuk memandang ... nggak bisa dipungkirin kalau yang namanya terumbu karang selalu menghadirkan pemandangan yang mengagumkan ... menggugah rasa damai dan tenang ... sejuta warnanya seolah membisikkan keindahan dunia ... !!!
Kalau sekedar buat menikmatinya g tanggung-tanggung kadang orang rela ngabisin berjuta-juta duit cuman untuk mendatangi tempat-tempat yang masih memiliki potensi keindahan ini ... maklum aja ...  yang namanya terumbu karang di Indonesia khususnya sudah mengalami banyak perlakuan tidak menyenangkan sampai akhirnya saat ini sudah bisa dipastikan habitatnya tinggal puing-puing doang ... dan siapa lagi pelakunya kalau bukan KITA !!!
Tanpa kita sadari atau bahkan kadang ada juga orang-orang yang sudah tahu tapi sok tidak mau tahu dan peduli pada keberadaan terumbu karang tetap saja melakukan pengrusakan besar-besaran ... walaupun sepintas terlihat bahwa terumbu karang sangat kuat dan kokoh tapi yang sebenarnya justru terumbu karang merupakan ekosistem yang sangat rapuh, mudah hancur dan sangat rentan terhadap perubahan lingkungan.
Saat ini berdasarkan beberapa pengamatan dari beberapa ahli luas terumbu karang di Indonesia berkisar 60.000 Km2 tapi yang sangat memprihatinkan adalah dari 60.000 Km2 tersebut cuman sekitar 6.2 % yang berada dalam kondisi yang baik selebihnya nggak bisa dipungkiri karena bisa disaksikan sendiri tentu saja berada dalam kondisi memprihatinkan. Hal ini dipicu oleh berbagai macam faktor diantaranya tentu saja faktor pemenuhan kebutuhan manusia yang kadang melewati batas ... tidak pernah peduli pada nasib lingkungan ... berpikiran pendek ... dan tentu saja semakin diperkuat dengan penegakan kebijakan hukum yang sangat lemah bahkan cenderung tidak bisa berbuat banyak !!!



Keberadaan terumbu karang sangatlah berperan dalam kehidupan kita cuman kadang rasa tidak perduli dan kurang memiliki justru maksain kita untuk tidak ambil pusing dengan keberadaan lingkungan satu ini. padahal kalau saja kita punya waktu barang sejenak untuk coba berpikir manfaat dan fungsi terumbu karang ... tentu saja akan banyak hal yang dapat kita renungkan ... menyadari bahwa terumbu karang merupakan tempat hidup ikan-ikan yang justru sangat kita butuhkan untuk kebutuhan pangan, penyedia kebutuhan protein, benteng pelindung pantai dari kerusakan akibat gelombang dan ombak laut sehingga kita bisa tetap berdomisili di daerah pantai, salah satu sumber lapangan kerja bagi masyarakat dalam bidang perikanan dan pariwisata, pun merupakan salah satu sumber obat-obatan untuk berbagai jenis penyakit dan banyak hal lagi yang menjadi alasan yang sangat kuat dan berarti mengapa kita harus melestarikan terumbu karang !!!



Untuk saat ini pun rasanya sudah sangat terlambat melakukan sesuatu yang berarti untuk menjaga kelestarian terumbu karang mengingat kemampuan berkembang biak terumbu karang yang sangat terbatas dimana ... rata-rata selama setahun karang hanya dapat menghasilkan batu karang setinggi 1 cm saja ... jadi bisa diprediksikan bahwa untuk menghasilkan terumbu karang yang memiliki tinggi rata-rata sekitar 100 cm memerlukan waktu sekitar 100 Tahun ... !!! Bayangin lamanya ... !!! dari kenyataan itu pula tentu saja dapat dikatakan kalau terumbu karang merupakan ekosistem yang paling tua di muka bumi ... bayangin kalau karena sifat serakah dan pikir pendek kita sebagai manusia kita merusak 5 meter terumbu karang saja ... untuk menggantikannya butuh waktu 500 Tahun ...
MAsih ADAkah Yang Memiliki Hati untuk sedikit berpikir ke Masa depan Saat terumbu KArang Sudah MUSnah Di Muka Bumi ... BAGAimana Kah Nasib Anak cucu Kita ???
Haruskah anak Cucu Kita yaNg TidaK Bersalah Ikut  Bertanggung JAwab Juga Atas keserakahan dan Ketelodoran Kita di MAsa Lalu dan MAsa Kini ???
ADAKAH YANG MEMILIKI WAKTU SEJENAK UNTUK BERPIKIR ??????????????????

Tidak ada komentar: